Profile

Surya Sejahtera adalah Lembaga Kemanusiaan berbentuk Perkumpulan yang bergerak untuk mendorong terciptanya masyarakat Indonesia yang mandiri dan bermartabat. Lembaga ini lahir berawal dari diskusi tentang keprihatinan kondisi sosisl, ekonomi masyarakat pasca krisis ekonomi 1998.

Berangkat dari aktivis kampung yang mempunyai kepedulian terhadap nasib warga sekitar Desa Tunge Kecamatan Wates sampai pada pembentukan jaringan nasional dengan lembaga sejenis untuk berjejaring. Tercatat saat ini Surya Sejahtera menjadi salah satu mitra dari Insists Jogjakarta.
Langkah awal yang dilakukan lembaga ini adalah menyusun rencana aksi melalui dialog panjang dan pertemuan-pertemuan terjadwal dengan aktifis-aktifis kampung. Selain itu juga membuat kajian dan penelitian mengenai masalah-masalah kemasyarakatan, tingkat ekonomi rumah tangga perempuan dan tentang simpan pinjam Kelompok Swadaya Masyarakat di Desa Tunge Kecamatan Wates Kediri.

Pada tahun 2005 para penggerak Surya Sejahtera merasa bahwa Surya Sejahtera harus benar-benar menjadi lembaga “sungguhan”. Sudah ada program kerja. Sudah ada aktivis yang terlibat dalam diskusi rutin. Sudah ada aksi-aksi langsung. Kebutuhan tentang lembaga yang eksis dan gerakan pada bidang kemanusiaan yang berupa penguatan kelembagaan masyarakat sipil, pengorganisiasasian masyarakat pada basis pedesaan serta advokasi-advokasi lebih mendalam pada isu akses hak-hak dasar membuat Surya Sejahtera mulai mengambil pilihan-pilihan pada isu yang paling fundamental yang dihadapi masyarakat.

Selain menggarap tentang isu-isu akses hak dasar, hal lain yang dilakukan oleh Surya Sejahtera adalah menyelenggarakan pendidikan bagi para fasilitator dengan tujuan untuk memperkuat kapasitas SDM dan sebagai media bertukar pikiran, pengalaman dan gagasan. Yang menjadi prinsip adalah bahwa kerja-kerja pendampingan adalah sebuah panggilan jiwa yang selalu dan harus berkesinambungan dan berkelanjutan.

LOGO, WARNA DAN ARTI

Logo Perkumpulan Surya Sejahtera adalah huruf SS yang digabungkan menjadi satu dan pusaran roda, terdiri dari warna Merah, Kuning, Hijau dan Biru dengan dasar berwarna Hitam.

Dasar berwarna hitam mengandung maksud kekuatan sejati dan kesejahteraan alam semesta. Jadi kerja-kerja Perkumpulan Surya Sejahtera adalah untuk semua manusia, tidak dibatasi oleh dimensi ruang.

Huruf S pertama berwarna merah mengandung maksud semangat atau energi. Dalam melaksanakan semua aktivitasnya, Perkumpulan Surya Sejahtera selalu melakukan dengan sungguh-sungguh dan optimis bahwa apa yang menjadi cita-cita Perkumpulan Surya Sejahtera selama ini akan tercapai.

Huruf S kedua berwarna kuning mengandung maksud kebersamaan. Perkumpulan Surya Sejahtera selalu mengajak kepada siapa saja untuk mewujudkan cita-cita masyarakat menuju kemandirian yang paripurna.

Huruf S ketiga berwarna hijau mengandung maksud ketulusan. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Perkumpulan Surya Sejahtera senantiasa dilandasi ketulusan dan kerelawananan anggota dan mitra kerja Perkumpulan Surya Sejahtera.

Pusat pusaran roda berwarna biru mengandung maksud keberlanjutan dan keabadian.
Kerja-kerja pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Perkumpulan Surya Sejahtera senantiasa berkelanjutan seiring perubahan dan tantangan ke depan.

VISI DAN MISI

A. Visi LKKM Surya Sejahtera adalah : Mewujudkan Masyarakat yang Merdeka, Mandiri, Adil dan Bermartabat.

B. Misi LKKM Surya Sejahtera adalah :
- Membangun kesadaran kritis masyarakat akan pentingnya kebersamaan, ketulusan dan sikap rela berkorban untuk mewujudkan cita-cita bersama.
- Membangun jejaring komunitas pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan (sustainable people development).


BIDANG USAHA

Untuk mencapai visi dan misi seperti tersebut diatas, Perkumpulan Surya Sejahtera melakukan usaha-usaha sebagai berikut:

1. Pendidikan, pelatihan, pengkajian dan penelitian sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan
2. Konsultasi, advokasi, dan pemberdayaan masyarakat dan lingkungan hidup
3. Peningkatan pengetahuan di bidang pembangunan industri, khususnya industri kecil dan menengah
4. Pendidikan, pembinaan dan pengembangan kewirausahaan, keterampilan dan manajemen usaha bagi generasi muda, pengusaha golongan ekonomi lemah dan pengusaha kecil
5. Pengembangan kelompok dinamik (dynamic group) untuk pengembangan ekonomi produktif
6. Base Line Survey potensi sumber daya wilayah (alam, manusia, teknologi dan modal) dan pengembangannya
7. Training manajemen usaha skala kecil dengan bekerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah daerah
8. Melakukan pendampingan terhadap kegiatan industri kecil dan menengah dalam pengembangan usaha
9. Melakukan pendampingan dan penguatan kapasitas SDM untuk mengembangkan kegiatan sosial kemasyarakatan berbasis kearifan lokal
10. Pengembangan workshop industri kecil dan pengembangan teknologi serta administrasi
11. Mendirikan kegiatan usaha dalam ari seluas-luasnya


KEUANGAN

Keuangan Perkumpulan Surya Sejahtera diperoleh dari:

1. Iuran pokok dan iuran wajib Anggota
2. Sumbangan dalam bentuk barang-barang tetap dan bergerak atau dalam bentuk tunai, baik yang bersifat tetap dan tidak tetap, yang diberikan tanpa ikatan dan tidak bertentangan asas dan tujuan perkumpulan
3. Hasil usaha perkumpulan sendiri yang tidak bertentangan dengan tujuan perkumpulan
4. Hasil tunai sebagai imbalan dan pemanfaatan harta atau jasa perkumpulan atau usaha-usaha perkumpulan lainnya
5. Sumbangan dari masyarakat, pemerintah atau lembaga lain yang tidak mengikat
6. Hibah-hibah wasiat dan hibah-hibah biasa

No response to “Profile”